Bolehkah Bayi Menghisap Jempol Serta Cara Mengatasinya

Bolehkah Bayi Menghisap Jempol Serta Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Bayi Memasukkan Tangan ke Mulut,- Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik hingga dewasa. Segala upaya pun akan dilakukan untuk menjaganya, tak terkecuali dalam menjaga mereka terhadap aktifitas memasukkan tangan ke mulut.

Kebiasaan memasukkan tangan ke mulut memang hal yang wajar bagi anak-anak usia dibawah satu tahun. Hal ini dikarenakan kebiasaan bayi menghisap jempol adalah bagian dari fase oral bayi. Fase oral ini merupakan kondisi dimana bayi melatih organ serta sensitifitas oralnya untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Fase oral ini normalnya terjadi pada bayi usia 2 bulan, meski kenyataanya banyak yang mengalami pada usia 3 bulan keatas.

Lalu, Bayi Menghisap Jari Amankah?

Yang menjadi pertanyaannya kebanyakan adalah bolehkan bayi menghisap jempol dan amankah kegiatan tersebut. Jika ditanya bolehkah, maka kami akan menjawabnya boleh. Karena ini termasuk dari bagian fase oral yang tentunya nanti akan membantu perkembangan anak.

Untuk soal amankah bayi menghisap jari? Maka jawaban kami adalah relatif, aman jika memang kebersihan sekitar bayi selalu diperhatikan dan akan menjadi tidak aman bila sebaliknya. Inilah dimana peran tugas Anda sebagai orang tua untuk menjaga tumbuh kembang anak.

Lagipula sebenarnya banyak manfaat bayi menghisap jempol yang bisa didapat. Menurut dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR, beberapa manfaat menghisap jempol pada bayi diantaranya adalah.

Manfaat Bayi Menghisap Jempol

  • Proses bayi mengenal anggota tubuhnya sendiri
  • Menekan refleks muntah pada mulut bayi
  • Memberikan rasa nyaman pada bayi
  • Melatih pergerakan lidah dan rahang bayi
  • Melatih pelarutan makanan dimulut

Itulah kiranya manfaat yang didapatkan ketika bayi menghisap jempol. Meskipun begitu, tetap kami sarankan untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar. Karena bila lingkungan kotor, bukanlah manfaat yang didapark melainkan dampak serta akibatnya.

Banyak yang mengalami mual dan muntah pada bayi yang menghisap jarinya. Kasus ini memang jarang terjadi pada anak dibawah usia satu tahun. Tetapi pada anak usia diatas 3-4 tahun yang masih memasukan tangan ke mulut, banyak yang mengalami kasus mual-mual hingga muntah.

Cara Mengatasi Anak yang Memasukan Tangan ke Mulut

Ketika kasus pada anak Anda sudah mengalami mual, bahkan hingga muntah. Maka kami sarankan pada Anda sebagai orang tua untuk mengambil tindakan pencegahan agar tidak terjadi infeksi yang berbahaya.

Tindakan pencegahan ini bisa dengan melarang anak untuk menghisap jari. Tapi dalam melakukannya dengan cara yang benar, bukan yang salah seperti memaksanya. Caranya bisa Anda lakukan dengan berusaha mengalihkan perhatian mereka secara halus. Misalnya dengan memberikan mainan kenyal untuk dimasukkan mulut yang dijual di pasaran.

Tapi jika cara diatas masih belum berhasil, ada satu cara lagi yang paling ampuh dalam mengatasi anak yang masih memasukan tangan ke mulut. Yaitu dengan menggunakan Terapi Brainwave Eliminate Finger Sucking. Brainwave ini akan membantu anak Anda memprogram ulang pikiran bawah sadar serta menghentikan dan menghilangkan kebiasaan menghisap jari yang mereka lakukan.

[MP3] Brainwave Eliminate Finger SuckingAdanya kebiasaan yang telah tertanam dalam pikiran bawah sadar menyulitkan Anda dalam menghilangkan kebiasaan menghisap jari pada anak. Dengan bantuan Terapi Brainwave Eliminate Fingers Sucking, menghentikan dan menghilangkan kebiasaan menghisap jari ini akan menjadi lebih mudah.

Brainwave Eliminate Fingers Sucking Therapy ini bekerja dengan mengubah gelombang otak untuk memasuki alam bawah sada. Ketika gelombang otak anak berada pada kondisi theta, maka anak akan lebih mudah dalam memasuki pikiran bawah sadar, dan akan lebih mudah pula untuk memprogram ulang pikiran dengan mengatakan pada diri mereka bahwa kebiasaan menghisap jari merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan.

Dengan demikian ketika kesadaran anak Anda telah kembali normal sepenuhnya. Kebiasaan menghisap jari tak lagi akan mereka lakukan, karena pikiran bawah sadar anak Anda telah menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, klik Brainwave Eliminate Finger Sucking – Menghilangkan Kebiasaan Menghisap Jari.

Artikel Lainnya:

Komentar

komentar

Berpengalaman sejak tahun 2008 telah membuat kami benar-benar paham akan manfaat teknologi Gelombang Otak (Brainwave) untuk meningkatkan kemampuan diri dan mengatasi beberapa masalah. Dengan kemajuan teknologi dan penelitian ilmiah menemukan bahwa suara gelombang dalam frekuensi tertentu dapat menstimulasi otak - Brainwave Entrainment

Leave a Reply