8 Cara Agar Anda bisa Mengatur Waktu dengan Baik

8 Cara Agar Anda bisa Mengatur Waktu dengan Baik

Cara Mengatur Waktu dengan Baik,- Apakah Anda merasa 24 jam sehari sudah cukup untuk mewakili semua kegiatan yang Anda lakukan? Mulai dari bangun tidur, sekolah, kerja, belajar, hingga tidur lagi? Pasti tidak bukan, 24 jam memang terasa belum cukup untuk melakukan semua kegiatan tersebut. Itulah sebabnya mengapa kita harus mampu mengatur waktu dengan baik.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah uang dan hal tersebut memang benar adanya. Hanya orang-orang yang benar dan mampu untuk mengatur waktu(uang) dengan sebaik-baiknya akan sukses didunia, dan juga bagi mereka yang mengabaikan waktu(uang) untuk bermalas-malasan hanya akan mendapatkan kegagalan. Itulah alasannya mengapa banyak orang yang telah sukses didunia ini sangat menghargai waktu, bahkan sampai sedetikpun.

8 Cara Mengatur Waktu yang Baik

cara mengatur waktu sehari hariLalu Bagaimanakah cara mengatur waktu dengan baik itu? Untuk cara mengatur waktu yang baik adalah tentang bagaimana kita dapat memanajemen waktu tersebut sebaik mungkin dengan konsumsi energi yang seefesien mungkin. Untuk melakukannya bisa Anda praktekkan dengan tips mengatur waktu dengan baik dibawah ini.

1. Membuat Daftar yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu (To Do List)

Jika Anda ingin untuk mampu mengatur waktu dengan baik, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu (to do list). Daftar ini harus berisi kegiatan yang perlu diselesaikan dalam waktu dekat, dengan kapan harus memulainya dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengakhirinya.

Jangan Anda sampai meremehkan daftar to do list ini, memang terlihat sangat sederhana tapi manfaatnya lebih besar dari apa yang Anda bayangkan. Dengan membuat daftar tersebut akan memberitahu Anda mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, dan manakah yang membutuhkan banyak energi dalam menyelesaikannya. Bisa Anda bayangkan bukan seberapa maksimal dan efisien waktu yang bisa Anda atur.

2. Membuat Skala Prioritas

Skala prioritas adalah lanjutan setelah Anda selesai membuat daftar yang harus dilakukan (to do list). Sebenarnya skala prioritas bisa Anda buat berlangsungan juga dnegan daftar to do list, namun nantinya malah membingungkan jadi dipisah saja. Kegiatan yang penting harus diatas dari kegiatan yang tidak terlalu penting. Jadilah orang yang mampu bekerja secara cerdas dan bijaksana dalam memilih, dan bukannya orang yang hanya kerja, kerja, dan kerja membuang energinya saja.

3. Membagi Tugas yang Berat Kebeberapa Bagian

Sekarang setelah Anda selesai membuat daftar diatas, saatnya untuk operasional dalam melakukannya. Kalian pasti tahu bahwa terkadang ada tugas berat yang membutuhkan waktu dan usaha yang lama dalam melakukannya. Dalam operasionalnya kegiatan tersebut harus kita bagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Hal ini tentunya demi memudahkan Anda dalam mengerjakannya sehingga pengaturan waktu menjadi lebih efisien.

4. Jangan Mencoba Untuk Melakukan Multitasking

Multitasking adalah melakukan beberapa hal sekaligus, bisanya orang melakukan hal tersebut dengan harapan untuk lebih efisien dalam mengatur waktu. Padahal kenyataannya adalah kebalikannya, multitasking sangatlah tidak efisien karena menghabiskan banyak energy serta terkadang banyak kegiatan yang berantakan dan malah tidak selesai. Untuk cara mengatur waktu yang baik adalah dengan sebisa mungkin menghindari untuk melakukan multitasking.

5. Lakukan Delegasi

Jika memang ada banyak pekerjaan dan menuntut untuk diselesaikan, daripada multitasking akan lebih baik Anda selesaikan secara delegasi. Apa itu delegasi? Delegasi adalah membagi banyak pekerjaan kepada masing-masing orang. Anda pasti tahu bahwa ada pekerjaan yang sulit untuk kita, namun mudah bagi orang lain. Pilihlah tugas mana yang bisa Anda selesaikan  dan tugas mana pula yang dapat diselesaikan lebih efisien oleh orang lain, kemudian delegasikan perkerjaan tersebut kepada mereka.

6. Ketahui Waktu Dimana Anda Produktif

Memang normal bagi manusia untuk merasa bahwa tingkat produktifnya terkadang tidak sama setiap waktu. Ada orang yang lebih produktif saat pagi, ada juga orang yang lebih produktif saat malam hari. Cobalah untuk mengetahui waktu mana Anda paling produktif, karena waktu tersebut adalah waktu yang paling sempurna dalam mengerjakan pekerjaan sehingga Anda bisa lebih mengatur waktu dengan baik.

7. Tidak Menunda-Menunda Pekerjaan

Hal ini adalah kunci penting jika Anda ingin memanajemen waktu yang baik, yaitu dengan tidak menunda-nunda pekerjaan dan melakukannya ketika memang Anda sanggup. Menunda-nunda hanya akan membuat pekerjaan menjadi menumpuk dan terasa berat untuk dilakukan. Apalagi jika sudah sampai tenggat waktunya, Anda nantinya akan dipaksa untuk mengerjakannya dalam tekanan yang lebih berat dari biasanya.

8. Jangan Sampai Melupakan Diri Anda Sendiri

Yang terakhir dalam cara mengatur waktu yang baik dan biasanya sering sekali dilupakan, yaitu kehidupan dirinya sendiri. Banyak orang yang berusaha mengatur waktu sebaik dan seefisien mungkin sehingga tidak memperdulikan dirinya sendiri. Padahal kehidupan diri sendiri sangatlah penting, Anda pasti tidak mau bukan, mampu mengatur waktu dengan baik tapi harus dibayar dengan stres dan depresi tanpa mendapatkan ketenangan hati. Itulah mengapa jangan sampai Anda melupakan diri Anda sendiri ketika berusaha untuk mengatur waktu.

Demikianlah bagaimana cara mengatur waktu yang baik. Memang kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik itu perlu waktu, dibutuhkan usaha, niat, dan keinginan yang kuat untuk bisa mencapainya. Ketika Anda sudah bisa mempraktekkan hal diatas secara rutin, maka secara bertahap Anda akan mampu untuk mengatur dengan baik. Namun bila tidak, berarti ada yang salah dengan pola pikir Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan Terapi Brainwave Time Management.

Cara Mengatur Waktu dengan Bantuan Terapi

Musik Relaksasi Terapi Brainwave Gelombang Otak Memudahkan diri untuk memanage waktu, Menjadikan Anda memiliki kebiasaan menghargai waktu, Membantu Anda memaksimalkan waktu yang Anda miliki - Brainwave Time Management TherapyTerapi Brainwave Time Management merupakan sebuah terapi yang dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu Anda memiliki management waktu yang baik, menjadikan Anda memiliki kebiasaan menghargai waktu, serta membantu Anda memaksimalkan waktu yang Anda miliki. Terapi ini telah melewati proses penelitian ahli selama bertahun-tahun dan terbukti efektif dalam membantu seseorang melakukan management waktu.

Musik Relaksasi Brainwave Time Management Therapy bekerja dengan menggunakan teknologi brainwave yang dipadukan dengan visualisasi diri. Teknologi brainwave dari terapi ini akan memberikan stimulasi positif pada otak Anda dengan mengubah gelombang otak Anda menuju frekuensi tertentu yang akan memudahkan Anda memasuki pikiran bawah sadar Anda. Saat Anda telah berada dalam pikiran bawah sadar Anda, stimulus positif dan visualiasi diri yang Anda lakukan akan memudahkan Anda untuk menanamkan kebiasaan management waktu yang baik pada pikiran bawah sadar Anda.

Terapi ini diproduksi dalam bentuk audio dan dicetak dalam bentuk CD sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan dan menggunakannya. Cara menggunakannya sendiri sangat mudah. Karena berbentuk CD musik terapi, Anda hanya cukup mendengarkan terapi ini melalui headphone atau speaker sambil duduk santai atau berbaring.

Saat Anda menggunakan Terapi Brainwave ini, rasakan alunan gelombang yang akan membuat Anda merasakan kenyamanan dan kondisi rileksasi yang sangat dalam. Semakin lama semakin dalam dan nyaman hingga Anda kini benar-benar merasakan kenyamanan dan rileksasi yang sangat dalam yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Untuk lebih lengkap silahkan klik http://brainwave.co.id/product/brainwave-time-management-therapy/.

Artikel Lainnya:

Komentar

komentar

Berpengalaman sejak tahun 2008 telah membuat kami benar-benar paham akan manfaat teknologi Gelombang Otak (Brainwave) untuk meningkatkan kemampuan diri dan mengatasi beberapa masalah. Dengan kemajuan teknologi dan penelitian ilmiah menemukan bahwa suara gelombang dalam frekuensi tertentu dapat menstimulasi otak - Brainwave Entrainment

Leave a Reply