Cara Menggunakan Musik Relaksasi CD Terapi Brainwave

Cara Menggunakan Musik Relaksasi CD Terapi Brainwave

Setiap pembelian satu jenis CD Terapi Gelombang Otak Anda akan mendapatkan 1 CD atau DVD Data yang berisi Musik Terapi Gelombang Otak file berformat WAV dan MP3 yang bisa dengan mudah Anda copy-paste ke hardisk di computer Anda, atau Anda masukkan ke HP yang di support MP3, iPod, atau MP3  Player. File MP3 dan WAV inilah yang Anda gunakan untuk menstimulasi otak Anda. Cara penggunaan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) yang sedang Anda baca sekarang ini bisa Anda download pada website, juga ada dalam setiap produk yang Anda beli.

Apa Saja Media Player yang Bisa Digunakan

Anda bisa menggunakan semua jenis media player yang bisa memutar Digital Audio File. Mudahnya, semua perangkat yang bisa memutar MP3 juga bisa di gunakan untuk memutar CD Terapi Gelombang Otak ini. Mungkin Anda bisa menggunakan PC, Laptop, CD/DVD player biasa yang terhubung dengan TV, atau MP3 Player yang biasa digunakan banyak orang.

Lebih Baik Menggunakan Headphone atau Speaker Biasa?

Semua Produk Terapi Gelombang Otak (Brainwave) ini di buat dengan teknologi Monaural Beats dan Binaural Beats. Intinya Anda bebas mau menggunakan menggunakan speaker maupun headphone. Kecuali jika dalam produk CD Terapi terdapat keterangan jenis Binaural Beats saja, maka Anda harus menggunakan headphone untuk terapi ini.

Kalau Anda menggunakan headphone, perhatikan letak kanan dan kirinya. Headphone terdiri dari dua speaker kecil yang di beri tanda “R” untuk telinga kanan dan “L” untuk telinga kiri. Usahakan jangan sampai terbalik karena bisa menurunkan kualitas brainwave terapi gelombang otak yang sedang Anda gunakan.

Anda boleh mendengarkan terapi ini dengan speaker biasa, tidak di haruskan pakai Headphone. Hanya saja untuk hasil  yang lebih optimal dan lebih nyaman di dengar telinga gunakanlah Headphone. Dengan Headphone suara akan langsung masuk ke telinga tanpa tercampur suara lain, sehingga otak cepat terstimulasi.

Lebih di sarankan Anda menggunakan headphone untuk menggunakan Terapi Gelombang Otak ini, jika Anda berada pada tempat yang banyak suara yang mengganggu. Atau menghindari musik terapi ini didengar oleh orang lain yang tidak siap mendengarkannya. Mohon diperhatikan, suara musik Gelombang Otak adalah untuk terapi bukanlah suara musik pada umumnya.

Pilih File MP3 atau WAV?

Kalau Anda membuka CD/DVD Terapi Gelombang Otak ini di Komputer atau Laptop, maka Anda akan melihat beberapa file, yaitu file berekstensi MP3 dan WAV. Kami menyarankan Anda memilih menggunakan file WAV untuk terapi, karena hasilnya sedikit lebih bagus. File WAV berukuran sekitar 300 MB, lebih besar 5 kali lipat di banding file MP3. Pilih file MP3 jika Anda ingin copy-paste ke HP atau MP3 player yang spacenya kecil, atau jika player yang Anda punya tidak bisa memutar file WAV.

Apa saja Jenis Terapi Gelombang Otak

Ada dua jenis Terapi Gelombang Otak yang sangat populer dan membantu Anda untuk menstimulasi otak dengan suara atau audio, yaitu:

1. Binaural Beats

Prinsipnya: Apabila 2 gelombang frekwensi f1 dan f2 (telinga kanan dan kiri ) dipadukan menjadi satu, maka dalam aturan frekwensi gelombang otak Binaural Beats akan diperoleh hasil sebagai berikut:

Frekwensi dasar yaitu f1 dan f2.

Selisih dan jumlah dari kedua frekwensi dasar tersebut (f1 dan f2).

Frekwensi f1 dan f2 adalah frekwensi dasar. Sedangkan Binaural Beats dihasilkan dengan cara otak menggabungkan dua nada dasar tersebut ( f1 dan f2 ). Penggabungan oleh otak adalah dengan cara frekwensi f1 dukurangi f2, atau frekwensi yang lebih besar dikurangi frekwensi yang lebih rendah. Penggabungan ini menghasilkan gelombang yang disebut Gelombang Gamma, Beta, Alpha, Theta atau Delta. Misalnya f1 = 400 Hz dan f2 = 410 Hz , maka f = 10 Hz. Kedua gelombang yang masuk keotak dari contoh tersebut direspon otak sebagai Gelombang Alpha.

Paham dengan urauian di atas? Ok, lebih mudahnya adalah begini: Jika telinga kanan Anda mendengarkan audio gelombang dengan frekwensi 410 Hz, dan telinga kiri mendengarkan frekwensi 400 Hz, maka otak Anda menangkap gelombang dengan frekwensi 10 Hz (410 Hz = 400 Hz = 10 Hz).

Binaural Beats memerlukan otak untuk memproses kembali frekwensi yang di terimanya. Binaural Beats ditemukan dan diselidiki pertama kali oleh Heinrich Wilhelm Dove pada tahun 1839.

Pemakaian Terapi Gelombang Otak dengan Binaural Beat memerlukan dua headphone stereo (kiri dan kanan) atau pemasangan pengeras suara (speaker) yang dipasang tepat disamping kiri dan kanan, agar otak merespon cukup baik untuk hasil yang maksimal.

Ilustrasi Teknik Binaural Beat

Headphone Stereo Memaksimalkan Hasil Terapi Gelombang Otak (Brainwave)

Memerlukan dua headphone stereo untuk hasil yang maksimal.

2. Monaural Beat

Karena dengan sistim Binaural Beat diperlukan dua headphone stereo (kiri dan kanan) atau pemasangan pengeras suara (speaker) yang dipasang tepat disamping kiri dan kanan, agar otak merespon cukup baik, maka sistem ini kurang nyaman bagi beberapa orang. Maka dipilih cara lainnya yang lebih baik, yaitu dengan sistem Monaural.

Kedua nada Binaural dan Monaural sama-sama menggunakan dua nada dengan frekwensi berbeda, hanya saja, pada Monaural kedua nada tersebut di gabungkan sebelum masuk telinga, sehingga, dua suara yang di keluarkan speaker stereo/ headphone kiri dan kanan adalah sama.  Sedangkan pada Binaural, suara yang di keluarkan oleh speaker stereo kiri dan kanan adalah berbeda dan akan di gabungkan oleh otak.

Jadi perbedaan antara monaural dan binaural adalah: penggabungan dua suara menjadi nada tunggal pada Binaural Beats dilakukan oleh otak, sehingga perlu headphone atau speaker stereo, sedangkan penggabungan pada Monaural dilakukan sebelum suara masuk telinga, sehingga tidak memerlukan headphone, walaupin demikian, penggunaan headphone tetap membantu untuk menutup gangguan suara luar saat mendengarkan.

Stimulasi Gelombang Otak (Brainwave) yang memakai sistem Monaural punya kelebihan tersendiri yaitu tidak memerlukan headphone stereo. Cukup speaker/headphone mono atau 1 headphone atau mono-speaker saja hasilnya sudah sama dengan dua headphone stereo jika menggunakan sistem binaural.

Cara Penggunaan Musik Relaksasi CD Terapi Secara Umum

  • Minumlah segelas air sebelum memulai sesi. Terapai Gelombang Otak (Brainwave) memiliki kecenderungan untuk meningkatkan aliran darah, metabolisme dan aktivitas listrik di otak. Hal ini biasa berdampak kekurangan cairan pada tubuh, Anda harus terhidrasi untuk hasil terbaik.
  • Tutuplah mata Anda untuk mengurangi masukan sensorik yang diterima oleh otak, sehingga Anda akan lebih nyaman.
  • Terapi Gelombang Otak dapat mengakibatkan sakit kepala vaskular yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah di otak. Untuk mengatasi ini, pijatlah dengan lembut bagian kelopak mata, kulit kepala, dahi, rahang dan telinga.

Sebelum Mendengarkan Terapi Musik Brainwave/Gelombang Otak:

Penggunaan headphone yang berkualitas akan membuat latihan Anda menjadi lebih efektif.
Walaupun banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mendengarkannya. Terapi Brainwave ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan tindakan pengobatan kedokteran.
Terapi ini bisa di gunakan juga sebagai environmental music untuk membersihkan, menyeimbangkan dan menentramkan suasana (enersi) di ruangan. Pilihlah seri yang cocok sesuai kebutuhan, perdengarkanlah  Terapi Brainwave melalui speaker terbuka 30 menit sebelum ruangan digunakan dan jika dimungkinkan selama ruangan digunakan.

Waktu Terbaik Menggunakan

Setiap audio menggunakan basis gelombang yang berbeda, ada yang menggunakan gelombang tunggal atau beberapa gelombang, untuk mengetahui basis gelombang atau beberapa gelombang yang di gunakan silahkan baca detail produk tiap-tiap audio. Dalam sehari bisa melakukan beberapa terapi, dan waktu yang terbaik untuk setiap terapi adalah tergantung pada basis audio yang di gunakan. Berikut panduan waktu yang lebih baik untuk mendengarkan Musik Terapi sesuai dengan gelombang yang di gunakan:

Gelombang Delta adalah gelombang yang di perlukan pada saat tidur, kondisi terhypnosis, atau mencapai ketenangan yang dalam. Jika yang Anda dengarkan adalah gelombang Delta, jangan di dengarkan saat kerja atau beraktivitas. Waktu yang lebih baik untuk mendengarkannya adalah sore hari, saat istirahat atau malam hari menjelang tidur. Produk yang berbasis gelombang Delta adalah: Deep Sleep, Out of Body, Penyembuhan dan Kesehatan, Beba Stress dan Tinggi Badan.

Jika yang Anda dengarkan berisi gelombang beta, saat paling baik digunakan di pagi hari dan bisa menjadi stimulan yang bagus untuk membantu Anda memulai hari. Audio yang berbasis gelombang ini adalah: Sharper Brain dan Brian Booster.

Sensori Motor Rhytm (SMR) untuk hiperaktif dan anak autis, gelombang ini masuk dalam kategori gelombang beta, baik di dengarkan pada pagi hari.

Gelombang Alpha muncul dari otak manusia pada saat kita akan tidur, yakni pada saat peralihan antara sadar dan tidak sadar. Gejala kemunculannya ditAndai dengan mengantuknya mata kita. Gelombang ini juga terjadi pada saat kita mengalami relaksasi dan beristirahat. Jika yang Anda dengarkan adalah audio yang berbasis gelombang Alpha, maka baik di dengarkan pada sore hari, saat istirahar, atau menjelang tidur. Musik Terapi yang menggunakan basis gelombang ini antara lain adalah Audio untuk Memperkuat dan Membuka Aura.

Gelombang Theta biasa di alami otak pada saat tidur ringan atau mengantuk. Pada saat Anda mendengarkan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) yang berbasis Gelombang Theta, Anda akan merasakan itu, tapi jangan sampai tertidur. Untuk mencegah jangan sampai tertidur pada saat sesi Theta, gunakan di sore hari dengan duduk dan posisi tulang belakan lurus seperti saat melakukan meditasi. Jika Anda memiliki kesulitan bersantai di sore hari, coba gunakan di pagi hari, tepat setelah makan siang, atau sebelum tidur. Musik Terapi yang menggunakan basis gelombang ini antara lain adalah Audio Meditasi Alpha Theta.

Gelombang Gamma untuk Male Sex Power dan Female Sex Power, gelombang gamma mempunyai efek tidak mengantuk, sehingga jika di dengarkan malam hari Anda akan betah tetap jaga, tidak lekas ingin tidur. Jika Terapi yang Anda gunakan menggunakan basis gelombang gamma, maka bisa Anda dengarkan pada waktu yang sesuai. Jangan mendengarkannya pada saat Anda ingin tidur. Gelombang Gamma adalah frekwensi yang terendah dalam amplitudo dan gelombang paling cepat, kebalikan Gelombang Delta, Anda sangat memerlukan gelombang delta untuk tidur lelap.

Saat Mendengarkan Musik Relaksasi Terapi Musik Brainwave/Gelombang Otak:

Dengarkanlah CD ini dengan sikap ikhlas, menerima dan terbuka. Hayati sepenuhnya semua suara yang tertangkap oleh telinga Anda.

Dalam mendengarkannya, atur posisi sikap senyaman mungkin. Dengan duduk berdiri dan lainnya. Jika didengarkan sambil bekerja, atur volume sesuai dengan keinginan Anda.

Bayangkan dan hayati (visualisasi dan afirmasi) doa dan harapan sesuai dengan keinginan Anda.

Jika pikiran-pikiran yang tak diundang datang.. Biarkan saja…….dan dengan lembut kembalikan fokus Anda pada penghayatan indera pendengaran Anda.

Jika Anda mendengarkannya di tempat umum maka pakailah Headphones, alasannya untuk meminimalisir gangguan suara dari luar. Dengan menggunakan headphones di tempat umum, suara akan langsung masuk ke kepala (otak) tanpa terganggu dengan gelombang suara lain. Alasan lainnya: terapi ini menggunakan gelombang untuk menstimulir otak kita. Beberapa orang yang sensitif dapat merasakan ketidaknyamanan di tubuh fisiknya ketika mendengar musik ini, sehingga ia mungkin saja  bersikap antipati.

Anjuran Penggunaan

Disarankan untuk menvisualisasikan/membayangkan (mengucapkan dalam pikiran/perasaan Anda berkata) atau melakukan afirmasi (mengucapkan di mulut sambil pikiran menghayati) secara berualang-ulang saat mendengarkan atau sebelum memulai sesi. Misalnya Anda sedang melakukan terapi Bebas Stress maka visualisasikan (perasaan Anda berkata) ” BEBAS”, SANTAI, “RILEKS” berulang ulang. Visualisasi atau afirmasi ini akan memperkuat dan mempercepat efek.

Himbauan dalam Menggunakan Musik Relaksasi CD Terapi Brainwave agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

CD Terapi Gelombang Otak memberikan pesan subliminal yang terdengar maupun tidak oleh telinga, tetapi dapat terdengar jelas oleh pikiran bawah sadar.Tidak di anjurkan melakukan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) sambil mengemudi, karena saat melakukan terapi Anda masuk dalam kondisi hypnosis.

Semua terapi gelombang otak di lakukan dengan cara seperti pada panduan yang sedang Anda baca sekarang ini. Jika ada tambahan tata cara tertentu untuk medengarkan CD, kami sertakan pada petunjuk CD tersebut.
Terapi Gelombang Otak mempunyai beberapa efek samping namun tidak berbahaya. Harap berhati-hati ketika mendengarkan rekaman yang bisa mengubah kondisi otak dimana terdapat orang lain di sekitar Anda.

Disarankan untuk menvisualisasikan/membayangkan (mengucapkan dalam pikiran/perasaan Anda berkata) atau melakukan afirmasi (mengucapkan di mulut sambil pikiran menghayati) secara berualang-ulang saat mendengarkan atau sebelum memulai sesi. Misalnya Anda sedang melakukan terapi Bebas Stress maka visualisasikan (perasaan Anda berkata) “BEBAS”, SANTAI, “RILEKS” berulang ulang. Visualisasi atau afirmasi ini akan memperkuat dan mempercepat efek.

Peringatan!

CD Terapi Gelombang Otak memberikan pesan subliminal yang terdengar maupun tidak oleh telinga, tetapi dapat terdengar jelas oleh pikiran bawah sadar.Tidak di anjurkan melakukan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) sambil mengemudi, karena saat melakukan terapi Anda masuk dalam kondisi hypnosis.

Semua terapi gelombang otak di lakukan dengan cara seperti pada panduan yang sedang Anda baca sekarang ini. Jika ada tambahan tata cara tertentu untuk medengarkan CD, kami sertakan pada petunjuk CD tersebut.

Terapi Gelombang Otak mempunyai beberapa efek samping namun tidak berbahaya. Harap berhati-hati ketika mendengarkan rekaman yang bisa mengubah kondisi otak dimana terdapat orang lain di sekitar Anda.

Terapi Musik Brainwave tidak dianjurkan untuk diperdengarkan kepada :

  • Penderita epilepsi/kekejangan
  • Pengguna alat pacu jantung
  • Mereka yang mudah mengalami kekejangan (seizures)

Dianjurkan konsultasi ke dokter sebelum menggunakan Terapi Musik Brainwave, bagi mereka :

  • Mereka yang sedang dalam perawatan pengobatan dokter
  • Wanita hamil*
  • Usia dibawah 18 tahun kecuali untuk penyandang autis dan hiperaktif *

*Hanya untuk kehati-hatian, meskipun efek negatifnya hampir tidak pernah terdengar. Sebelum menggunakan Brainwave, pengguna dibawah usia 18 tahun dan wanita hamil disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk diperiksa terhadap kemungkinan mengalami kekejangan (seizures).

Demikianlah cara penggunaan dari Terapi Gelombang Otak ini. Anda bisa menggunakannya dengan mudah, dan tentunya Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari Terapi Gelombang Otak ini. Salam sukses!

Save

Artikel Lainnya:

Komentar

komentar

Berpengalaman sejak tahun 2008 telah membuat kami benar-benar paham akan manfaat teknologi Gelombang Otak (Brainwave) untuk meningkatkan kemampuan diri dan mengatasi beberapa masalah. Dengan kemajuan teknologi dan penelitian ilmiah menemukan bahwa suara gelombang dalam frekuensi tertentu dapat menstimulasi otak - Brainwave Entrainment

4 Comments

Leave a Reply