Macam-Macam Frekuensi Gelombang Otak pada Manusia

Macam-Macam Frekuensi Gelombang Otak pada Manusia

Kalau kita pergi ke rumah sakit, laboratium, atau ke pusat-pusat penelitian fungsi otak manusia, maka kita bisa menemui EEG atau electroencephalogram dan Brain Mapping. Kedua alat tersebut digunakan untuk mengamati aktivitas otak manusia. Perbedaannya adalah Brain Mapping hanya memeriksa secara fisik. Untuk mengetahui adanya gangguan, kerusakan atau kecacatan otak, misalkan tumor otak, pecahnya pembuluh darah otak, benturan pada kepala dan seterusnya.

Sedangkan EEG memeriksa getaran, frekwensi, sinyal atau Gelombang Otak (Brainwave) yang kemudian dikelompokkan kedalam beberapa kondisi kesadaran. Getaran atau frekwensi adalah jumlah pulsa (impuls) perdetik dengan satuan hz (hertz).

Berdasarkan riset selama bertahun-tahun di berbagai negara maju, frekwensi otak manusia berbeda-beda untuk setiap fase sadar, rileks, tidur ringan, tidur nyenyak, trance, panik, dan sebagainya. Frekwensi otak akan selalu berbeda sesuai kondisi pikiran dan fisik seseorang. Saya akan jelaskan satu per satu tentang jenis-jenis frekwensi Gelombang Otak (Brainwave) dan pengaruhnya terhadap kondisi pikiran maupun fisik manusia.

Macam-macam Gelombang Otak Manusia

Frekuensi Delta Gelombang OtakFrekuensi Delta

Frekuensi gelombang otak yang paling lambat adalah Delta. Ini adalah pola gelombang otak yang dapat kita capai ketika kita berada dalam kondisi tidur nyenyak. Pola gelombang otak ini juga dominan bagi anak yang masih bayi.

Frekuensi Delta berkisar dari 0.1Hz sampai 3.9Hz. Ketika tubuh kita berada dalam frekuensi ini, maka tubuh akan lebih mampu untuk melakukan proses penyembuhan diri, memperbaiki sel-sel yang rusak dan akan terus berkembang.

Frekuensi gelombang otak Delta juga dapat digunakan untuk mengakses pikiran bawah sadar dibawah pengaruh binaural beats yang paling kuat. Binaural beats dalam rentang frekuensi Delta, dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, menyembuhkan insomnia, membantu masalah tekanan emosional, meningkatkan kesejahteraan, mencapai kondisi meditasi yang sangat mendalam, menghilangkan nyeri, dan berbagai hal lain.

Frekuensi Theta Gelombang OtakFrekuensi Theta

Frekuensi ini dianggap sebagai frekuensi yang paling kuat diantara semua frekuensi yang ada. Gelombang Theta berkisar dari 4Hz sampai 7.9Hz. Frekuensi gelombang otak ini merupakan frekuensi yang disebut sebagai gudang dari wawasan kreativitas dan spiritual.

Kita bisa berada pada frekuensi gelombang otak ini pada saat kita dalam kondisi bermimpi. Frekuensi ini hampir tidak bias muncul bagi orang dewasa ketika mereka sedang bangun dan terjaga. Mereka umumnya bisa mencapai frekuensi Theta ini pada saat mereka jatuh tertidur atau mereka bisa mencapai frekuensi ini dengan kondisi terjaga hanya dengan menggunakan bantuan binaural beats kecuali mereka seorang meditator yang telah berpengalaman dan anak-anak yang berada dibawah usia 13th.

Ketika Anda bisa mencapai frekuensi Theta, maka ada berbagai efek yang Anda rasakan. Anda menjadi jauh lebih sadar secara spiritual dan memiliki perasaan kedamaian batin yang lengkap. Anda menjadi lebih sadar dengan adanya bimbingan batin Anda.

Frekuensi Theta digunakan untuk berbagai kondisi permasalahan. Termasuk untuk meningkatkan kekuatan belajar dan kemampuan memori, meningkat kreativitas, perubahan perilaku yang lebih baik atau menghilangkan masalah kecanduan, mengubah keyakinan yang secara tidak sadar telah membatasi hidup Anda untuk bergerak maju, penyembuhan fisik dan emosional, menyingkirkan rasa takut, dan santai.

Frekuensi Theta juga dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih spiritual seperti pengalaman out-of-body (proyeksi astral), meditasi yang dalam, melihat dengan jarak jauh, telepati, meningkatkan kemampuan psikis, dan mencapai keadaan kesadaran yang lebih tinggi.

Frekuensi Alpha Gelombang OtakFrekuensi Alpha

Ketika kita menjadi lebih rileks, maka gelombang otak kita berada pada frekuensi yang lebih lambat dan termasuk pada kelompok Alpha. Frekuensi ini berkisar dari 8Hz sampai 13.9Hz. Frekuensi Alpha ini biasanya lebih dominan bagi para penulis, musisi, seniman, dan atlet.

Kita juga bisa mencapai kondisi ini ketika kita sedang melamun atau membaca. Binaural beats yang menggunakan frekuensi gelombang otak Alpha digunakan untuk meningkatkan relaksasi, proses pembelajaran yang super, fokus secara intens, meditasi ringan, dan meningkat hormon serotonin. Frekuensi Alpha juga merupakan pintu awal untuk bisa memasuki pikiran bawah sadar.

Frekuensi Beta Gelombang OtakFrekuensi Beta

Frekuensi gelombang Beta merupakan frekuensi yang paling aktif diantara frekuensi yang lain. Frekuensi ini berkisar dari 14Hz sampai 30Hz namun bisa melebihi dari ini. Ini merupakan frekuensi yang normal yang bisa kita capai ketika kita berada dalam kondisi bangun atau sadar, terkait dengan kritis secara inderawi dan proses pemikiran yang lebih aktif dan terkait dengan konsentrasi yang lebih tinggi, lebih bergairah, kewaspadaan, motivasi, pemecahan masalah dan kognisi.

Namun, frekuensi Beta juga dapat dikaitkan dengan hal-hal yang negatif termasuk kecemasan, stres, penyakit, frustrasi, khawatir, marah, dan takut. Binaural beats dengan menggunakan frekuensi gelombang Beta digunakan untuk meningkatkan energi, pengambilan keputusan yang tepat, motivasi, dan meningkatkan kewaspadaan.

Kebanyakan dari semua audio yang digunakan untuk program binaural beats, biasanya akan memulai frekuensi gelombang otak pada gelombang Beta dan perlahan-lahan menggeser frekuensi gelombang menuju ke efek yang diinginkan. Hal ini dimulai dari gelombang Beta terlebih dahulu karena bagi otak akan jauh lebih mudah untuk menggeser perlahan-lahan menuju ke transisi frekuensi Alpha, Theta, dan Delta sehingga otak akan lebih mudah menjangkau frekuensi tersebut secara langsung.

Artikel Lainnya:

Komentar

komentar

Berpengalaman sejak tahun 2008 telah membuat kami benar-benar paham akan manfaat teknologi Gelombang Otak (Brainwave) untuk meningkatkan kemampuan diri dan mengatasi beberapa masalah. Dengan kemajuan teknologi dan penelitian ilmiah menemukan bahwa suara gelombang dalam frekuensi tertentu dapat menstimulasi otak - Brainwave Entrainment

1 Comment

Leave a Reply