Penyakit Anoreksia, Obsesi Ingin Kurus dan Takut akan Gemuk

Penyakit Anoreksia, Obsesi Ingin Kurus dan Takut akan Gemuk

Penyakit Anoreksia Nervosa – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan,- Anoreksia nervosa mungkin terdengar asing bagi sebagian dari Anda. Apa itu anoreksia dan bagaimana jelasnya penyakit anoreksia memang jarang diketahui oleh khalayak umum. Hal ini dikarenakan anoreksia nervosa termasuk dalam kategori penyakit gangguan mental yang langka dan jarang ditemui.

Gambaran umum yang orang ketahui tentang penyakit anoreksia hanyalah suatu ketakutan berlebiahan akan kegemukan sehingga berusaha (bahkan bisa dibilang obsesif) untuk kurus. Padahal sebenarnya masih ada penjelasan lebih lanjut mengenai anoreksia nervosa ini.

Pada kesempatan kali ini, redaksi http://brainwave.co.id/ akan berbagi kepada Anda informasi lengkap mengenai apa itu penyakit anoreksia nervosa. Mulai dari pengertian, penyebab, gejala, hingga metode pengobatan anoreksia. Simak saja selengkapnya berikut ini.

Pengertian Anoreksia Nervosa

Seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa anoreksia adalah penyakit yang termasuk dalam kategori gangguan mental. Dimana penderita anoreksia mengalami ketakutan berlebihan akan kegemukan dan obsesif untuk menurunkannya. Bahkan sampai pada tahap yang bisa dibilang ekstrem sekalipun.

Penderita anoreksia nervosa bisa digambarkan seperti ilustrasi yang kalian lihat diatas. Menurut Anda mungkin kurus, tapi tidak bagi penderita anoreksia. Tubuh tersebut masih mereka anggap gemuk dan ingin dikuruskan lagi. Akibatnya mereka akan berusaha untuk tidak makan, bahkan sampai memuntahkan bila diberi makanan. Semua itu mereka lakukan tanpa peduli akan kesehatan tubuh sama sekali.

Hal ini tentunya persis seperti bumilia nervosa, memuntahkan makanan karena ingin kurus. Perbedaan anoreksia dan bumilia nervosa terletak pada berat badan penderita. Dimana anoreksia sangat kurus dari ideal, sedangkan bumilia rata-rata memiliki berat badan normal.

Penyakit anoreksia ini kebanyakan dialami oleh wanita, utamanya adalah wanita usia remaja. Ini terjadi dikarenakan wanita remaja sangat memperhatikan penampilan tubuh karena masa sedang pubertas-pubertasnya. Jadi jangan salah jika mayoritas penderita anoreksia ditempati remaja putri, baru disusul oleh wanita dewasa.

Penyebab Anoreksia Nervosa

Hingga sampai saat ini, penyebab secara pasti dari penyakit anoreksia nervosa masih belum ditemukan. Hanya saja sebagian para ahli meyakini bahwa anoreksia seperti gangguan mental lainnya yang disebabkan oleh faktor psikologis, lingkungan, serta genetika.

Faktor penyebab anoreksi nervosa menurut para ahli tersebut adalah.

Psikologis

Faktor psikologis terbentuk dari ketakutan akan kegemukan yang dialami penderita. Hal tersebut memberikan mereka dorongan obsesif untuk menguruskan badan. Rasa tidak puas juga berperan penting dalam kasus ini, yang akhirnya menyebabkan mereka tetap ingin kurus walaupun tubuhnya sudah sangat kurus sekali.

Lingkungan

Lingkungan menjadi penyebab anoreksia setelah psikologis. Lingkungan disini berperan dalam memberikan dorongan kepada penderita untuk kurus sekurus apapun. Misalnya ketika lingkungan menganggap bahwa kecantikan tubuh identik dengan orang kurus. Maka penderita akan terhipnotis untuk melakukannya hingga berlanjut ke obsesi.

Genetika

Genetika lebih kepada faktor keturunan. Orang yang dilahirkan dari orang tua yang memiliki riwayat mengidap anoreksia, depresi berlebihan, gangguan makan, hingga pecandu obat-obatan berpotensi besar juga akan menderita anoreksia.

Gejala Anoreksia Nervosa

Banyak sekali tanda dan gejala penyakit anoreksia, hanya saja ciri anoreksia yang paling umum adalah.

  • meminum obat-obatan yang menstimulasi buang air kecil dan buang air besar
  • mengonsumsi berbagai jenis obat diet
  • memuntahkan makanan secara disengaja
  • ketakutan yang teramat sangat terhadap penambahan berat badan atau menjadi gemuk, bahkan saat dirinya sudah kurus
  • tidak makan atau makan dengan jumlah yang sangat sedikit
  • menimbang-nimbang ukuran makanan dan menghitung kalori makanan.
  • banyak berolahraga bahkan saat cuaca buruk atau sakit dan lelah (olahraga berlebihan)

Cara Mengobati Anoreksia Nervosa

Untuk cara mengatasi anoreksia dapat dilakukan dengan memberikan obat-obatan penenang. Selain itu juga bisa dengan memberikan cairan infus kepada penderita. Untuk cara yang lebih mudah Anda bisa menggunakan terapi serta melakukan perawatan tubuh penderita secara berkala dan rutin. Untuk terapi anoreksia, Anda bisa menggunakan Brainwave Anorexia Treatment.

Banyak orang yang telah mencari cara yang efektif untuk mengobati gangguan makan Anorexia, tanpa obat yang dapat menyebabkan efek samping, dan telah menemukan jawaban mereka dalam Binaural Beats.

[MP3] Brainwave Anorexia Treatment TherapyBrainwave adalah suatu cara atau metode untuk bisa masuk kepikiran bawah sadar dan melakukan pemrograman. Dengan Binaural Beats yang telah dirancang kusus untuk mengatasi Anorexia dikombinasi dengan teknik visualisasi, maka ini sangat efektif untuk mengatasi Anorexia.

Dengan bantuan Binaural Beats, Anda belajar untuk mengontrol kondisi kesadaran Anda sendiri, pemahaman baru ini akan membantu Anda mengubah tindakan dan pikiran Anda sendiri dari yang negatif menjadi positif. Metode ini bisa Anda lakuakan sendiri kapan saja, di mana saja, tanpa perlu bantuan terapis.

Musik Relaksasi Brainwave Anorexia Treatment Therapy adalah metode pemrograman frekwensi gelombang otak dan dikombinasi dengan kekuatan visualisasi. Skript visualisasi telah kami siapkan kusus untuk mengatasi Anorexia, jadi Anda tidak perlu merangkai kalimat visualisasi yang mungkin menimbulkan keraguan atas visualisasi yang Anda buat sendiri. Musik Relaksasi Terapi Gelombang Otak Brainwave Anorexia Treatment akan membantu Anda:

  • Mengetahui asal-usul psikologis perilaku Anda sehingga Anda dapat menangani aspek emosional dari masalah Anda.
  • Mematahkan pola perilaku negatif dan menggantinannya dengan kebiasaan makan baru dan sikap positif.
  • Membantu Anda meningkatkan citra diri Anda, harga diri dan kepercayaan diri.
  • Membantu Anda membuat sambungan antara pikiran dan ritme alami tubuh Anda.
  • Memberi kontrol kembali atas gaya hidup dan nutrisi Anda.

Untuk pemesanan, silahkan klik Brainwave Anorexia Treatment – Terapi Pengobatan Anoreksia.

Artikel Lainnya:

Komentar

komentar

Berpengalaman sejak tahun 2008 telah membuat kami benar-benar paham akan manfaat teknologi Gelombang Otak (Brainwave) untuk meningkatkan kemampuan diri dan mengatasi beberapa masalah. Dengan kemajuan teknologi dan penelitian ilmiah menemukan bahwa suara gelombang dalam frekuensi tertentu dapat menstimulasi otak - Brainwave Entrainment

Leave a Reply